Friday 21 June 2013

BELAJAR MATEMATIKA


Belajar Matematika Mudah

Cara Mudah belajar Matematika.

Belajar Matematika - Tidak dapat disangkal bahwa Matematika ialah suatu ilmu pengetahuan cukup banyak bermanfaat dalam kehidupan kita sehari-hari. Tidak kita sadari sangat banyak hal-hal yang berkaitan dengan matematika.
Sangat disayangkan, masih banyak diantara kita masih beranggapan matematika itu adalah pelajaran yang sulit dan menakutkan.

Apabila kita kenal dan paham dengan baik,maka matematika bisa menjadi sahabat kita, sehinga kita bisa dengan mudah belajar matematika.

Di bawah ini 10 tips cara mudah belajar matematika.

1. Bulatkan Niat kita

Di awal yang wajib kita laksanakan ialah “ Membulatkan Niat” dalam hal belajar matematika,Tinggalkan niat kita hanya menginginkan nilai yang bagus pada raport dan nilai akhir ujian Matematika. Untuk mencapai nilai saja, itu banyak cara untuk kita dapatkan misalkan menyontek, dalam belajar matematika yang menjadi tujuan utama kita adalah mendapatkan ilmu bukan sekedar mencari nilai/point.

Pada umumnya jika tujuan belajar matematika hanya mencari nilai setelah kita lulus ujian atau lulus sekolah selanjutnya pelajaran matematika kita lupakan begitu saja. Oleh karena itu niat belajar matematika kita tujukan untuk menambah pengetahuan kita, karena dengan belajar matematika kita terus mengasah otak dan daya nalar kita dengan demikian otak kita akan sangat mudah untuk memahami ilmu pengetahuan yang lainnya.Perlu diingat sekali lagi berorientasilah pada proses belajarnya,jangan beroreintasi pada hasil ujian, hasil ujian akan otomatis didapat dengan baik jika kita baik dalam proses belajarnya.

2. Menggunakan cara yang menyenenangkan dalam belajar matematika.

Pada umumnya setiap orang akan setuju jika mempelajari sesuatu jika hati kita senang maka akan dengan mudah memahami apa yang kita pelajari,misalkan dengan Game begitu juga dengan belajar matematika.Sesulit apaupun soal matematika, jika kita dengan senang hati mempelajarinya dan menggunakan cara-cara yang menyenangkan,maka kita akan sangat mudah memahami dan menguasainya.(Lihat contoh)

3. Gunakan simbol

Apa tujuan menggunakan simbol? Pada dasar matematika itu sifatnya abstrak (tidak konkrit/nyata).Berdasarkan hal tersebut agar memudahkan belajar matematika, kita harus melihat,memegang,juga merasakan sehingga kita harus mewujudkan dalam bentuk nyata agar kita dapat dengan mudah memahami matematika. Begitu kita gunakan simbol sebagai alat mempermudah belajar matematika.

4. Uraikan dalam bentuk cerita.

Saat kita belajar matematika jika menemui soal yang kita anggap rumit dan sulit, akan mudah kita pahami jika kita uraikan dalam bentuk cerita. Ini erat kaitannya dengan menggunakan logika berfikir.Atas dasar itu jika kita sudah biasa menggunakan logika berfikir maka saat memecahkan soal matematika dalam bentuk  cerita kita akan mudah memahami dalam belajar matematika pada soal cerita.

5. Dalam belajar matematika gunakan selalu logika berfikir.

Dalam belajar matematika bukan Cuma kemampuan berhitung saja yang kita butuhkan,tapi yang sangat penting dalam belajar matematika adalah logika berfikir.Berdasarkan hal tersebut diperlukan pemahaman yang benar tentang matematika.

6. Kenal dan cintailah matematika.

Pada point ini adalah hal yang sangat penting dalam belajar matematika. Segala sesuatu apabila kita kenal dan mencintainya maka akan dengan mudah kita mempelajarinya. Untuk bisa mencintai matematika maka langkah awalnya kita harus kenal dulu istilah anak gaulnya PDKT dulu.

Apa itu matematika,bagaimana fungsi matematika dalam kehidupan kita sehari-hari?
Jika kita ada niat ingin mengenalnya maka tidak akan sulit. Jika kamu sudah mengenal secara utuh dan kita menyadari bahwa matematika itu sangat dibutuhkan dalam hidup kita. Contoh mudahnya dalam kehidupan, kita sering menghitung uang, ini merupakan matematika. 

Oleh karena itu tanamkanlah dalam diri kita bahwa matematika itu sangat berguna,menarik,indah, juga sebagai teka-teki yang menyenangkan untuk dipecahkan. Jika kita sudah kenal maka akan timbullah rasa cinta,jika sudah cinta maka yang tadinya kelihatan rumit maka akan menjadi mudah dan menyenangkan dalam belajar matematika.

7. konsisten dan banyak latihan dalam belajar matematika.

Semua yang di jelaskan pada point diatas akan sia-sia jika akhirnya kamu tidak melanjutkan dengan belajar matematika dengan latihan yang banyak dan konsisten. Semangat belajar matematika biasanya tidak stabil, oleh karena itu kita butuh konsisten dan displin dalam belajar matematika.Namun dalam satu hari kita tidak perlu meluangkan waktu terlalau banyak dalam belajar matematika tapi harus kontinyu dan konsisten, jika sudah terbiasa ini akan mudah kita lakukan dan kemampuan kita akan terus bertambah dan akan sangat lebih mudah kita mengerjakan pada soal-soal matematika yang sejenis


7 tahap cara belajar matematika yang baik:
matematika

  • Pahami materi dan rumus-rumusnya
  • Klasifikasikan semua rumus-rumus.
  • Mulailah mengerjakan soal-soal berikut pembahasannya.
  • Kerjakan soal yg tadi tanpa pembahasannya.
  • Kerjakan soal lain yang tipenya sama.
  • Terus berlatih soal-soal yang lain.
  • Belajarlah dengan beberapa jenis buku, kadang ada buku yang sulit di pahami dan kita bisa mendapat pemahamannya pada buku yang lain.

8. Buang kata “Aku gak bisa dan putus asa”

Dua kata merupakan penyakit umum sering ditemui saat belajar matematika, oleh karena itu hindarilah dua kata tersebut,apa bila kita mendapat kebuntuan dalam mengerjakan soal matematika, segera cari bantuan kepada teman yang sudah paham, guru matematika, atau tanya pada Mbah Google..
Selalu tanam kan pada hati kita “ AKU PASTI BISA…!!

9. Sabar (teguh bertahan)

Sabar dalam belajar matematika,sabar dalam latihan, sabar dalam memecahkan persoalan juga sabar dalam melaksanakan sesuatu, “ Sabar itu di sayang Tuhan”

10. Berdoa sangat penting dalam belajar matematika.

Berdoalah, sebelum memulai segala seseuatu juga dalam belajar matematika, Mintalah petunjuk kepada TUHAN karena TUHAN maha mengetahui dan Sumbernya Ilmu.

Selamat mencoba..!!

www.racuntikus.web.id

6 comments: